Model Pembelajaran Proyek pada Kurikulum Merdeka Materi Hari Ketiga Pelatihan


Mgmpppknmtsjabar.or.id | INDRAMAYU
, Rabu (22/06) MGMP PPKn MTs Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Universitas Palangka Raya (UPR) Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Online Model Pembelajaran PPKn Inovatif dalam Kuruikum Merdeka dengan topik “Model Pembelajaran Proyek (PjBL) pada Kurikulum Merdeka”. 

Pelatihan Online ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 20 Juni 2022 dan ini merupakan hari ketiga dalam kegiatan tersebut. Pelatihan hari ketiga ini  bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana model pembelajaran berbasis proyek berdasarkan kurikulum merdeka. Acara yang diadakan secara daring melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara ulang melalui kanal youtube MGMP PPKn MTs Jabar ini menghadirkan pembicara yaitu; Dr. Eli Karliani, M.Pd. selaku Ketua Prodi PPKn Universitas Palangka Raya.

Pelatihan hari ketiga diawali dengan Pembukaan yang langsung dibuka oleh Moderator Kusnadi, S.Pd.,MM. dan dilanjutkan pengarahan oleh Ketua Panitia Pelatihan Asep Mauludin Syahdani, S.Pd. dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para pembicara yaitu Dr. Eli Karliani, M.Pd. selaku Ketua Prodi PPKn FKIP Universitas Palangka Raya (UPR). Beliau memaparkan tentang bagaimana teknis pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) dalam Pendidikan Pancasila SMP/MTs. 

Eli menjelaskan bahwa Pembelajaran Berbasis Proyek adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media, peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. 

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa dalam pada penilaian proyek setidaknya ada 3 hal yang harus dipertimbangkan yaitu; Kemampuan pengelolaan, Relevansi, dan Keaslian.  Kemudian pelatihan online ini  dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab oleh peserta dan pembicara. 

Kegiatan ini diakhiri dengan acara penutupan oleh Ketua MGMP PPKn MTs Jabar Bpk. Deni Kurniawan As’Ari, M.Pd. dan Kaprodi PPKn Universitas Palangka Raya (UPR) Ibu Dr. Eli Karliani, M.Pd.  dan ditutup dengan ringkasan dan kesimpulan dari moderator.

Penulis: (Kusnadi/mgmp)






Lebih baru Lebih lama