Webinar Pemberdayaan MGMP


Mgmpppknmtsjabar.or.id | CIREBON, Bidang Perencanaan dan Pelaksanaan Program Forum Kelompok Kerja MGMP PPKn MTs Jawa Barat menggelar webinar series yang pertama, tema yang diusung dalam webinar tersebut adalah Kiat Memberdayakan Forum MGMP. Narasumber dalam webinar tersebut diantaranya : Ketua Forum Kelompok Kerja MGMP PPKn MTs Jawa Barat Deni Kurniawan As’ari, M.Pd. Ketua MGMP PPKn MTs Kabupaten Majalengka H. Dede Arief Roheadi, S.Pd., MM. Dan Ketua MGMP PPKn MTs Kota Bandung Suhermanto, S.Ag., M.M.Pd.

Narasumber pertama adalah Deni Kurniawan As’ari, M.Pd. membuka materi dengan pengantar bahwa forum MGMP sejatinya menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, kini ibarat hidup enggan pun tak mau. 

"Secara kepengurusan ada, namun eksistensi dan kemanfaatannya tak terasa. Ada pula MGMP yang baru menggeliat kegiatan jika ada dana blockgrand atau bantuan dana saja, jika tidak forumnya menjadi mati suri," ujarnya. 

Deni juga mengutip dari pendapat (Fasli Djalal: 2005) Forum MGMP dipercaya menjadi salah satu sarana yang efektif dalam upaya pembinaan profesionalisme guru dalam kerangka kegiatan “dari, oleh dan untuk guru”. Deni memberikan 6 tips memberdayakan MGMP 1) ketua yang kapabel, kridebel, akseptebel, dan responsibel 2) komitmen yang tinggi dari pengurus dan anggota 3) program kerja yang jelas dan terukur 4) dukungan dan partisipasi dari semua pihak 5) dana operasional 6) pembinaaan dari kemenag.

Narasumber kedua H. Dede Roahaedi, S.Pd. MM. memparkan tentang faktor - faktor determinan yang dapat  disiasati (diperkuat) dalam upaya  memberdayakan MGMP. 

"Pertama kepemimpinan pengurus yang cakap artinya mengelola segenap potensi sumber daya untuk melahirkan sinergitas dan soliditas, cakep dengan gaya egaliter, familiar, dan toleransi tinggi. Cukup secara kualitas dan kuantitas dan muda dengan antusiasme idealisme, cerdas, dan menguasai  teknologi," ungkap Dede. 

Selanjutnya yang kedua menurut Dede yaitu partisipasi anggota, penekannaya adalahselain tentang integritas, loyalitas dan  keteguhan pada komitmen, beberapa prinsip  perlu diperhatikan diantaranya anggota adalah ruh organisasi dan manusia akan bergerak (secara aktif)  apabila merasa butuh. Dede juga menegaskan MGMP diupayakan dapat mengakomodasi kebutuhan anggotanya.Antara lain, kebutuhan berkenaan dengan profesi/jabatan, sertifikat. Rohan yaitu tentang eksistensi diri, pergaulan, refreshing. Kegiatan  berbasis lingkungan alam atau outdoor layak diperbanyak untuk menghindari atmosfir  organisasi yang terlalu formal, rigid dan  menjenuhkan.

Narasumber ketiga adalah Suhermannto, S.Ag., M.M.Pd. memberi pengantar dengan prinsip Ki Hajar Dewantara yaitu Ing ngarsa sung tulada Ing madya mangun karsa Tut wuri handayani. Adapun Kiat kiat memberdayakan MGMP adalah membangun organisasi dengan cara kekeluargaan, kebersamaan diantara Pengurus dengan tidak ada sekat atau batas, berdiri sama tinggi duduk sama rendah Bisa mengayomi anggota, tidak egois, keterbukaan, ketransparanan. Suhermannto mengungkapkan menjalin silaturrrahim dengan pengurus, silaturrahim dengan Kepala Madrasah, serta membuat Grup WA. Mengadakan rapat kerja sehingga semua pengurus aktif terlibat mempunyai Program masing-masing. Terakhir suhermanto menuturkan menciptakan Kepengurusan yang harmonis dan sejahtera.mengadakan tadabbur alam atau piknik.

Penulis: (Asep Mauludin Syahdani/mgmp)



Lebih baru Lebih lama