Akhir Cerita PJJ PPKn MTs

Oleh: Yani Mulyani, S.Pd  Peserta PJJ dan Ketua MGMP PPKn Kab. Pangandaran

SUASANA ZOOM PJJ: Pembelajaran Jarak Jauh PPKn MTs melalui zoom meeting


mgmpppknmtsjabar.or.id, PANGANDARAN | Sejak tanggal 08 Agustus 2022 yang lalu sampai hari ini 18 Agustus 2022 saya berkesempatan mengikuti Pelatihan Jarak Jauh PPKn MTs Angkatan I, yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung. Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 40 orang guru dibawah naungan Kementerian Agama yang berada dalam wilayah Jawa Barat.

PJJ PPKn MTs dengan Trainer Widyaiswara Dr. Marjuki, S.E., M.Ag. yang luar biasa ini mentransferkan ilmunya kepada 40 guru PPKn MTs se-Jawa Barat.

Materi yang beliau sampaikan antara lain adalah:

1.    Analisis SKL, KI, KD dan Indikator PPKn

2.    Pancasila sebagai Ideologi Negara

3.    Norma dan Konstitusi

4.    Komitmen terhadap Keutuhan NKRI

5.    Praktik Pembelajaran PPKn

Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa yang saya rasakan bisa bergabung dengan guru-guru PPKn hebat dalam kegiatan pelatihan ini. Kami bertemu dengan narasumber dan panitia pelaksana maupun dengan sesama guru yang mengikuti pelatihan melalui Zoom Meeting maupun melalui live chat dan forum diskusi.

Sesungguhnya ada banyak hal yang belum saya ketahui, terutama ketika tugas yang begitu bertubi-tubi, belum lagi tentang mengoperasikan aplikasi sedikit belepotan. Alhamdulillah kami bisa saling tukar pendapat dan saling berbagi informasi, saling support terasa begitu kental. Jarak yang memisahkan tidak menjadi penghalang bagi kami untuk bersilaturahmi dan saling menggelorakan semangat untuk meraih hasil terbaik dalam PJJ ini. apalagi ketua kami yaitu Deni Kurniawan As’ari, M. Pd selalu siap siaga membantu, mengayomi dan sangat komunikatif.

Fase demi fase Pelatihan Jarak Jauh PPKn MTs sudah selesai. Kasubag Balai Diklat Keagamaan Bandung resmi menutup kegiatan PJJ pada kamis pagi, (18/08/2022). Terimakasih kepada BDK Bandung serta seluruh panitia pelaksanaan maupun Narasumber yang telah membantu dan melatih kami dalam pelatihan ini. Kami para guru, khususnya saya merasa sangat terbantu dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dengan jarak jauh ini. Semoga terus berlanjut kedepannya.

Untuk rekan 40 Guru PPKn MTs sesama peserta PJJ, mari kita lanjutkan perjuangan kita mencetak anak bangsa/peserta didik kita dengan nuansa baru, yang kreatif, inovatif karena kita sudah punya bekal hasil pelatihan. Sementara untuk guru-guru yang kemarin belum ada kesempatan mengikuti PJJ PPKn MTs, persiapkan diri dari sekarang.

Salam Perjuangan, Merdeka !!!!


Lebih baru Lebih lama