Kegiatan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan dan Pelatihan untuk Pelatih (TOT) Virtual Angkatan 1 LEMHANNAS RI 2022 Selesai Dilaksanakan

Oleh : Kusnadi, S.Pd., M.M.  | Guru PPKn MTs Negeri 1 Indramayu


mgmpppknmtsjabar.or.id, INDRAMAYU | Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) Republik Indonesia telah selesai melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan serta Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (TOT) secara Virtual Angkatan 1 Tahun 2022.

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Andi Widjajanto secara resmi membuka kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan serta Pelatihan untuk Pelatih/ Training of Trainers (TOT) secara Virtual Tahun 2022 di Ruang Dwi Warna Purwa, Gedung Pancagatra, Lemhannas RI, Jakarta pada Selasa (12/07).

Dalam kegiatan tersebut, ia menyampaikan tiga hal. Pertama, meminta agar peserta dapat memahami hal-hal yang menjadi misi Lemhannas RI. Kedua, Lemhannas RI dari awal dirancang sebagai sekolah geopolitik yang ditugaskan untuk mencetak pemimpin yang paham dengan pertarungan kekuatan negara-negara besar.

Ketiga, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa dimungkinkan melakukan inovasi dalam melaksanakan pembinaan pemantapan nilai-nilai kebangsaan dan wawasan nusantara.

Sebelumnya, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI, Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla. menyampaikan laporan kesiapan penyelenggaraan kegiatan. Deputi Kebangsaan menyampaikan bahwa Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan serta Pelatihan untuk Pelatih kali ini terdiri dari enam angkatan dengan peserta masing-masing angkatan berjumlah seratus orang. Lama kegiatan masing-masing angkatan adalah tujuh hari untuk kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, serta delapan hari untuk kegiatan Pelatihan untuk Pelatih. Materi dasar yang akan diajarkan, yakni wawasan nusantara, ketahanan nasional, kewaspadaan nasional, dan kepemimpinan nasional.

Kegiatan Pelatihan untuk Pelatih atau Training of Trainer (ToT) Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Secara Virtual Angkatan 1 Tahun 2022 dilaksanakan dari tanggal 19 – 28 Juli 2022. Bentuk kegiatannya berupa Binta, Ceramah, Diskusi Panel, Diskusi Kelompok (DK), Diskusi Antarkelompok (DAK), Praktek mengajar, Outbond atau Virtual Team Building, dan diakhiri dengan Action Plan/ Perumusan Komitmen dari Peserta Pelatihan.

Melalui kegiatan ini LEMHANNAS mengharapkan ada perubahan dalam diri peserta dalam bentuk interpersonal skiil, pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu para peserta juga dapat menjadi pembawa perubahan (Agent of Change) tentang pemahaman nilai-nilai kebangsaan ini kepada masyarakat secara luas. Hal ini juga dituangkan dalam bentuk Komitmen Bersama yang rumuskan oleh seluruh peserta Angkatan 1 yang dikomando oleh Ketua Angkatan yaitu Bapak Mayjen TNI Budi Pramono. (28/7/2022)

Lebih baru Lebih lama