Merdeka Indonesiaku

Oleh Sri Sumiati, M.Pd. | Sekretaris MGMP PPKn MTs Kota Bogor


www.mgmpppknmtsjabar.or.id, BOGOR | Kemerdekaan Indonesia adalah titik puncak perjuangan bangsa Indonesia. Dengan di proklamirkan kemerdekaan berarti bangsa Indonesia memasuki babak baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pasca terbebasnya Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang. Hal ini  memberikan peluang dan anugerah besar bagi masyarakat Indonesia untuk membuktikan pada dunia bahwa Indonesia dengan keanekaragam budaya yang dimilikinya bisa maju dan bersaing dengan negara lain.

Kemerdekaan Indonesia didapat dari perjuangan bangsa yang diawali dengan peristiwa Rengasdengklok sebagai salah satu peristiwa yang membekas di sepanjang sejarah Indonesia.  Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan terhadap Soekarno dan Hatta yang terjadi pada 16 Agustus 1945. Kala itu, Indonesia sedang dijajah oleh Jepang karena ambisi Jepang yang ingin membangun imperium Asia Timur Raya pada masa Perang Dunia II. Dari peristiwa tersebut, Jepang mengalami kekalahan yang ternyata memberikan dampak besar pada Indonesia.

Pemerintahan Jepang yang dengan tegas melarang penduduk Indonesia untuk mendengarkan radio luar negeri menjadi salah satu penyebab terhambatnya pengumuman proklamasi. Namun berkat keuletan para pemuda Indonesia terutama yang bekerja di kantor berita Jepang, berita menyerahnya Jepang tanpa syarat ke Sekutu pun sampai di Indonesia. Sutan Syahrir yang mendengar berita kekalahan Jepang melalui radio gelap pun lantas mendesak Soekarno-Hatta untuk segera melakukan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Namun Soekarno-Hatta menginginkan agar proklamasi dilakukan melalui PPKI, badan buatan Jepang. Merasa tidak puas dengan jawaban tersebut, para golongan muda pun lantas menculik Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok untuk menjauhkan mereka dari pengaruh Jepang. Hasil setelah terjadinya Peristiwa Rengasdengklok adalah Proklamasi Kemerdekaan akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945 selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB. 

Saat ini peran masyarakat Indonesia lebih banyak ditekankan bagaiman acara mengisi kemerdekaan dengan berbagai prestasi yang bisa ditorehkan untuk bisa membanggakn Indonesia di mata dunia. Generasi muda terutama memiliki tanggungjawab besar dalam hal ini. Di saat  arus liberalisasi yang deras di tengah-tengah masyarakat, penguatan nasionalisme yang merupakan bagian dari intisari proklamasi harus senantiasa menjadi perhatian utama bagi msyarakat Indonesia. Dengan semangat nasionalisme dan peningkatan prestasi di segala bidang maka kemerdekaan dapat terisi dengan tepat. Dengan demikian amanat proklamasi yang telah diperjuangkan oleh para founding father dapat terealisasi dalam bentuk prestasi yangmembanggakan dunia.

Selamat HUT kemerdekaan RI yang ke-77

MERDEKA !!! MERDEKA !!! MERDEKA !!!

PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT ! 

***

Lebih baru Lebih lama