PJJ Hari Kelima Komitmen Terhadap Keutuhan NKRI

Oleh: Pebrian Taofik, S.Pd | Peserta PJJ dan Sekretaris MGMP PPKn Kabupaten Kuningan


Mgmpppknmtsjabar.or.id, KUNINGAN | Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung menyelenggarakan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) sebanyak 26 Angkatan dan dibagi kedalam 3 gelombang. Salah satunya Pelatihan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang pada hari ini,  tepatnya Jum’at (12/8/2022) sudah memasuki hari ke-5 dengan materi Komitmen Terhadap Keutuhan NKRI dengan pemateri Dr. Marjuki, M.Ag. selaku Widyaiswara Ahli Madya dari BDK Bandung.

Kegiatan hari ini dibagi dalam dua sesi. Pertama, synchronous dimulai pukul 07.30 – 11.30 WIB melalui media teleconference via zoom meeting dan kedua,  asynchronous pukul 13.30 – 15.30 dengan agenda kegiatan diskusi di laman LMS (Learning Managemen System) di web E-Learning BDK Bandung.

Pembacaan do’a dipimpin Olih Solihat, S.Ag. dilanjutkan dengan Ice breaking oleh Rani Yulia Puwanti, untuk menambah semangat pada saat materi dimulai. Masuk ke kegiatan inti, para peserta langsung ditugaskan untuk diskusi dengan topik materi yang telah disediakan oleh Widyaiswara, selanjutnya peserta dibagi kedalam 5 (lima) kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 8 orang.  


FOTO BERSAMA : Peserta PJJ PPKn foto bersama di Hari ke-5

FOTO BERSAMA : Peserta PJJ PPKn foto bersama di Hari ke-5

Setiap kelompok diberi topik yang berbeda, kelompok 1 yang diketuai Yani Mulyani, S.Pd. mendiskusikan tentang Penerapan Semangat Sumpah Pemuda 1928. Kemudian kelompok 2 dengan ketuai Edwan Setiawan Permana, S.Pd  membahas Analisis Kebangkitan Nasional 1908. Kelompok 3 diketuai Ahmad Nuryaman, S.Pd  seputar Mengidentifikasi Aspek-Aspek Pengokohan NKRI. Sedangkan kelompok 4 yang diketuai oleh Iim Halimah, S.H., tentang Memberi Contoh dalam Persatuan dan Keberagaman. Terkahir kelompok 5 dipimpin Eneng Eli Maryam, S.Pd.  mendiskusikan tentang Menerapkan Cinta Tanah Air dan Bela Negara. 
Selanjutnya peserta memasuki breakroom pada zoom meeting sesuai dengan kelompoknya masing-masing dan diberi waktu sampai jam 09.45 WIB.

Kegiatan dimulai kembali setelah break sejenak pukul 10.00 WIB dengan agenda presentasi hasil diskusi. Kelompok yang mendapat giliran pertama untuk presentasi adalah kelompok 3, dimana presentasi dibawakan oleh Sandi Saepurrohmat. Berikutnya kelompok 4 dipresentasikan oleh Iim Halimah, giliran ketiga kelompok 2 dipresentasikan Edwan Setiawan Permana, S.Pd. Sedangkan  keempat oleh kelompok 1 yang dipresentasikan Ika Kartika Sari, S.Pd.  dan terakhir atau giliran kelima kelompok 5 yang dipresentasikan Eneng Eli Maryam, S.Pd..


Setelah prensentasi selesai pemateri memberi tanggapan pada hasil diskusi tiap kelompok dimana dapat disimpulkan bahwa Komitmen terhadap Keutuhan NKRI dimulai dengan adanya peristiwa Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda. Selain daripada itu Bapak Marjuki juga menjelaskan bagaimana kiat-kiat menjaga keutuhan NKRI dimasa kini serta bagaimana cara yang efektif menanamkan nilai-nilai persatuan kepada peserta didik. Diakhir sesi Bapak marjuki memberikan tugas individu membuat narasi hasil diskusi kelompok yang telah dilaksanakan dilanjutkan dengan memberi arahan untuk kegiatan sesi berikutnya (asynchronous), selanjutnya kegiatan sesi pertama ini ditutup dengan do’a yang dimpimpin oleh Asep Awaludin Ramdani.

Masuk ke sesi 2 (asynchronous), peserta ditugaskan mengisi laman diskusi yang ada pada web e-Learning (LMS) untuk menjawab dan meniskusikan topic yang telah disediakan. Kegiatan ini diberi batas waktu sampai pukul 15.30.

***

Lebih baru Lebih lama