PJJ Hari Ketujuh: REFLEKSI EDUKASI UNTUK SEBUAH AKSI

Oleh : Kusnadi, S.Pd., M.M. | Peserta PJJ dan Sekretaris MGMP PPKn Kabupaten Indramayu

www.mgmpppknmtsjabar.or.id, INDRAMAYU | Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) MTs yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung ini tak terasa sudah memasuki hari ketujuh, Selasa (16/08/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai MTs negeri maupun swasta di Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan diklat PJJ PKn MTs memasuki hari ketujuh dimana hari ini merupakan hari terakhir dalam sesi materi. Kegiatan dimulai sejak pukul 07.30 WIB dengan diawali pengisian presensi oleh para peserta pada LMS (Learning Management System). Kegiatan tersebut dibuka oleh Dr. Marjuki S.E., M.Ag., selaku Widyaiswara PPJ PKn MTs. Setelah itu, mengawali kegiatan hari ini dibuka dengan doa yang disampaikan oleh Ahmad Nuryaman, S.Pd. (Ketua MGMP PPKn MTs Kabupaten Subang) . 

Kemudian acara dilanjutkan dengan ice breaking yang disampaikan oleh Iman Noorzaman, S.Pd dari MTsN 4 Garut.

Dalam ice breakingnya Iman memberikan ilustrasi tentang pensil. Ada beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran dari ilustrasi pensil tersebut yang bisa menggugah kita dalam menjalani kehidupan.

Kegiatan PJJ PKn MTs hari ini diisi dengan Pemaparan materi dari Narasumber Dr.. Marjuki, S.E., M.Ag. tentang Refleksi Edukasi Untuk Sebuah Aksi. Dalam pemaparannya narasumber menyampaikan kaitan dengan beberapa istilah dalam pembelajaran antara lain : Desain Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Teknik Pembelajaran, dan Taktik Pembelajaran.

"Bapak dan ibu. Silakan yang mau berpendapat apa perbedaan dari istilah-istilah berikut ini?" ujarnya dengan senyumnya yang khas. Para peserta pun satu persatu memberikan tanggapan dengan memilih salah satu istilah yang ingin dijelaskannya. 

Setelah peserta menyampaikan pendapatnya, Marzuki menguraikan satu persatu perbedaan dari istilah-istilah tersebut. Sesekali memberi contoh dalam penerapannya. Widyaiswara satu ini sudah begitu berpengalaman. Dalam penyampainnya mudah dipahami, runtut, dan menyenangkan.

"Taktik pembelajaran dapat diartikan sebagai gaya khas penampilan seseorang (guru) ketika proses pembelajaran yang lebih bersifat personal atau pribadi." terangnya. Adapun metode pembelajaran adalah cara atau langkah yang digunakan dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan. 

Ia juga menyampaikan beberapa istilah dalam dunia pendidikan yang mungkin belum familiar di kalangan masyarakat. Salah satunya ada istilah PAIKEM DASTER BOLONG EDUN atau singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Mencerdaskan, berkarakter, Berorientasi Long Life Education.

Selama kegiatan peserta sangat antusias dan semangat, sehingga banyak yang bertanya dan memberikan tanggapan terkait dengan materi yang disampaikan oleh narasumber.




Setelah materi berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama antara narasumber dan seluruh peserta PJJ dan kegiatan pun ditutup dengan do’a yang disampaikan oleh Deni Kurniawan As’ari, M.Pd.

Akhirnya, sesi pembelajaran di ruang zoom pun selesai. Berikutnya sesi asyncronus berupa penugasan yang disampaikan melalui LMS.

***

Lebih baru Lebih lama