Siswi Madrasah “Menari Untuk Dunia”

Oleh:  Badrudin | Guru PPKn MTs Negeri 3 Bogor


mgmpppknmtsjabar, BOGOR | Tidak dipungkiri lagi, bahwa madrasah adalah lembaga pendidikan berciri khas Islam yang dalam proses pendidikannya telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa dengan memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk berkembang sesuai minat, bakat, dan potensi yang dimilikinya. Tidak terkecuali di MTs Negeri 3 Bogor, Jawa Barat. Untuk membina, menyalurkan, dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi peserta didik dimadrasah ini dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat akademik antara lain Klub Matematika, Klub IPA, Robotika, KIR, dan Roket Air. Kegiatan ekstrakurikuler non akademik antara lain Pramuka, PMR, Pencaksilat, Marching Band, dan lain-lain.

Melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut peserta didik telah berhasil menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan, baik untuk keluraga, madrasah bahkan bangsa. Salah satu peserta didik yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional adalah Rizqina Andita Fawzia yang biasa dipanggil Qiki yang merupakan puteri pertama dari pasangan Rohani Budi Prihatin dan Aprilita Widyaningsih.

Qiki sejak Sekolah Dasar mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Tari, dan ketika di MTs Negeri 3 Bogor Qiki berhasil menjadi Duta Budaya Indonesia di Guangzhou, China untuk memberikan persembahan tari-tari tradisional dan pesan-pesan perdamaian kepada dunia dengan tidak membeda-bedakan manusia beradasarkan jenis kelamin, agama, dan budaya. Persembahan Qiki dan kawan-kawan mendapatkan respon sangat positif dari masyarakat Indonesia maupun masyarakat China yang ada disana. Selain telah menorehkan prestasi dalam bidang non akademik, Qiki pun telah menorehkan prestasi di bidang akademik, yaitu sebagai Juara I Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten Bogor cabang lomba IPA Terintegrasi dan sederet prestasi lainnya.

Apa kesan anda belajar d MTs Negeri 3 Bogor? itu pertanyaan saya kepada Qiki, dan ia pun menjawab “Kesan saya saat bersekolah di MTsN 3 Bogor adalah saya mendapatkan pendidikan yang bermutu selain di bidang akademik kita juga diberikan kebebasan untuk mengembangkan dalam bidang non akademik juga dan kebetulan saya juga menyukai bidang tari dan sekolah mendukungnya”, lalu siapa orang yang berperan dalam meraih prestasi? “Orang yang berperan dalam meraih prestasi yang pertama yaitu mama. Karena mama selalu mendukung saya dalam semua kegiatan yang saya ikuti dan tak lupa untuk selalu mendoakan saya karena doa ibu adalah doa yang paling kuat. Lalu yang kedua papa. Karena papa selalu mendukung semua kegiatan saya dan mendukung dalam segi material. Lalu yang ketiga guru guru saya di MTsN 3 Bogor. Karena guru menjadi orang tua kedua saya, dan juga wali kelas saya (Ibu Petrawati) yang sangat mendorong saya untuk menjadi orang yang lebih berani dan mencoba apapun lomba walau kadang saya suka tidak mendapatkan hasil yang memuaskan tetapi wali kelas saya tetap mensupport apapun hasilnya dan memberikan nasihat agar lebih giat untuk belajarnya lagi. Lalu yang keempat lingkungan pertemanan, pada saat saya di MTs, saya bertemu dengan teman teman yang support sekali dan teman teman saya juga cukup lebih pintar daripada saya dan itu menjadikan saya untuk memiliki jiwa yang kompetitif tetapi masih supportif tanpa saling menjatuhkan satu sama lain.” jawabnya. Teruslah berprestasi Ki, dan semoga MTs Negeri 3 Bogor dapat melahirkan Qiki-Qiki lainnya yang akan mengharumkan nama baik madrasah dan bangsa Indonesia.

Dari dialog singkat diatas, dapat kita buktikan ternyata madrasah dengan guru dan wali kelas serta lingkungan yang baik berhasil melahirkan peserta didik yang hebat dengan prestasinya yang membanggakan. Dengan demikian, madrasah akan menjadi lembaga pendidikan pertama dan utama bagi masyarakat untuk menyekolahkan putera-puterinya, tidak lagi menjadi lembaga pendidikan nomor dua, lembaga pendidikan alternatif ketika tidak diterima di sekolah (SD/SMP/SMA/SMK) pavorit.

Madrasah Hebat Bermartabat. Madrasah Mandiri Berprestasi.

___

dindoc

 

Lebih baru Lebih lama