Aa Nurdiaman Imbaskan Hasil Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Lemhannas RI

Oleh Sri Sumiati, M.Pd.  |  Moderator webinar series #4, Pengurus MGMP, dan Guru MTs Darussalam Kota Bogor


mgmpppknmtsjabar.or.id, Kota Bogor | Forum Kelompok Kerja MGMP PPKn MTs Jawa Barat kembali menyelenggarakan webinar #4. Tema kai ini bertajuk  “Pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi guru” yang dilaksanakan pada hari Rabu, (5/11/2022)  melalui zoom meeting pukul 19.45 s/d 21.45 WIB. Kegiatan webinar diikuti guru PPKn dari berbagai daerah se-Jawa Barat dan provinsi lainnya. 

Diawali dengan sambutan dari Deni Kurniawan As’ari, M.Pd selaku Ketua Forum MGMP PPKn MTs Jawa Barat. Ia berharap webinar series #4 ini, akan menambah wawasan keilmuan bagi guru mata pelajaran PPKn dan bermanfaat saat mengajar di kelas. 

“Salah satu tujuan MGMP adalah memberi kesempatan kepada anggota untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik. Nah, Kang Aa ini belum lama ini lulus  mengikuti Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) dari Lemhannas RI. Malam ini Kang Aa akan berbagi dan melakukan pengimbasan dari hasil ToT yang ia ikuti," tutur Deni Kurniawan As’ari dalam sambutannya.

Narasumber disampaikan oleh Aa Nurdiaman, S.Pd selaku Alumni Training Of Trainers Lemhannas RI dan Guru MTsN 1 Kota Bandung dipandu oleh moderator yaitu Sri Sumiati M.Pd selaku Pengurus MGMP dan Guru MTs. Darussalam Kota Bogor.

Dalam pembahasannya Aa Nurdiaman memberikan materi dari hasil Training Of Trainers Lemhannas RI dengan tema “Pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi guru“ dalam materi tersebut tujuan yang ingin dicapai bersumber pada tiga konsensus dasar bangsa yaitu : 1) Membangun karakter dan jati diri bangsa, 2) Membangun rasa semangat dan kebangsaan nasionalisme, 3) Membangun kesadaran terhadap sistem nasional. 

Menurutnya Pancasila sebagai ideologi terbuka, mempunyai nilai-nilai yang mengandung 3 diemensi yaitu realitas, idealitas dan fleksibilitas. Metode pendidikan karakter bangsa yang bisa di terapkan dalam pembelajaran PPKn berupa: short film/video/audio musical, PrBL, penyuluhan lapangan, story telling, media sosial, live in di pedesaan. 

Aa menerangkan alternatif solusi bagi guru dalam melakukan KBM yaitu membuat pembelajaran PAKEM, multi metode & media, praktik dan kerja tim, pemanfaatan lingkungan, belajar praktis dari pengalaman praktis. 

"Adapun Nilai-nilai kebangsaan bersumber dari pancasila UUD NRI Tahun 1945 yaitu : religius, kekeluargaan, keselarasan , kerakyatan, keadilan, keadilan (pancasila), demokrasi kesamaan derajat, ketaatan hukum, kesatuan wilayah, kesatuan bangsa, kemandirian, toleran, keadilan, dan gotong royong," pungkas Aa.

***

Lebih baru Lebih lama