Laksita Gemari Dongeng Sedari Kecil, Kini Hasilkan 33 Buku

Oleh: Suci Dwi Wahyuni, S.Pd. | Guru PPKn MTs Negeri Kota Bogor


Menulis kian menjadi kegemaran bagi banyak orang. Anak-anak, remaja, bahkan para orang dewasa yang senang menuangkan pikiran serta gagasannya ke dalam karya tulis. Tak terkecuali untuk salah seorang siswi asal MTsN Kota Bogor yang senang menjadikan tulisan sebagai pelariannya dalam apapun. Laksita Maheswari Gunawan, atau yang biasa disapa Laksita, tengah menempati bangku kelas 9 di MTsN Kota Bogor. Ia memiliki hobi yang telah ia asah sedari kecil, yakni menulis. Laksita senang menulis apa saja, mulai dari cerita, puisi, berita, juga artikel.

Kecintaan Laksita pada menulis mulai tumbuh karena orangtua Laksita senang membacakan berbagai buku dongeng sebelum tidur semasa ia masih kecil. Bulan Desember tahun 2014 lalu adalah kali pertama Laksita belajar menulis ceritanya sendiri. Kalau kalian mengira bahwa menulis adalah hal yang mudah, maka kalian salah. Membutuhkan waktu sekitar 5 tahun bagi Laksita untuk pertama kali berani mengirimkan karyanya pada Penerbit DAR! Mizan.

Antologi pertama Laksita dengan judul Ibuku Cahayaku oleh series Kecil-Kecil Punya Karya yang diterbitkan pada bulan Februari 2019, nyatanya menjadi pintu pembuka bagi karya-karyanya yang lain. Hingga kini ia telah menerbitkan sebanyak 33 buku antologi. Yang terdiri atas 15 antologi komik, 15 antologi kumpulan cerpen, 2 buku antologi puisi, dan 1 buku antologi surat. Salah satu buku antologi cerpennya yang berjudul Stay Safe, Bunda! juga pernah memenangi kategori “KKPK OF THE YEAR” pada ajang KKPK Awards 2020 lalu. Beberapa karyanya ia tulis bersama dengan teman-teman sekolah yang sehobi dengannya. Gadis pecinta kucing ini juga pernah menjadi pemateri dalam Workshop Menulis yang diselenggarakan oleh SDIT Darul Abidin Depok pada bulan Agustus 2021, serta Sharing Menulis yang diadakan oleh SDIT Kaifa pada bulan April 2022 kemarin. Selain menerbitkan buku, Laksita juga berprestasi dalam bidang tahfidz, robotik, story telling, serta kompetisi-kompetisi IPS.

Perjalanan penulis cilik ini ternyata tidak hanya sampai di sini. Rintangannya semakin berat kala ia menjabat sebagai Ketua OSIS MTsN Kota Bogor masa periode 2021/2022. Terdapat banyak pengalaman dan pelajaran hidup yang ia peroleh selama menjabat sebagai seorang Ketua OSIS. Memimpin siswa yang berjumlah hampir seribu orang tentu bukanlah hal yang mudah. Mental serta ketabahannya sangat diuji dalam kerja samanya bersama tim. Hal itu tentu juga berpengaruh pada waktu luangnya untuk menulis serta hobinya yang lain.

Selain aktif dalam organisasi OSIS, Laksita juga aktif menekuni dunia kepenulisan bersama GARDA (Gabungan Jurnalis Muda) MTsN Kota Bogor, sebuah ekskul Jurnalistik di sekolah, serta anggota aktif KIR IPS

“Jangan menyerah terhadap cita-cita yang kamu impikan sedari kecil, sebab skenario Allah akan selalu indah apabila dilihat dari sudut pandang yang tepat,” pungkas Laksita.

Suci Dwi Wahyuni, S.Pd. 


***

Lebih baru Lebih lama