Melatih Keterampilan dan Membangun Pembina Pramuka yang Berkarakter Bangsa Pada Kemenag Kabupaten Majalengka

Oleh : Teddy Hermansyah, S.Pd  | Guru MTsN 7 Majalengka & Sekretaris MGMP PPKn MTs Kabupaten Majalengka


Menyikapi permasalahan dekadensi moral peserta didik yang selama ini menjadi perbincangan dan menjadi trending topik perlu menjadi perhatian besar seluruh civitas akademika pendidikan. Kementerian Agama Kabupaten Majalengka menginspirasi kegiatan yang bertujuan mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengadakan kegiatan Karang Pamitran bagi pembina Pramuka di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Majalengka yang dilaksanakan Sabtu-Minggu, (26-27/11) bertempat di MTsN 2 Majalengka.

Kegiatan ini dipandang perlu untuk dilaksanakan dalam rangka pendidikan karakter bagi pembina pramuka yang dapat ditrasfer kepada siswa. Gerakan pramuka menjadi salah satu pembentuk karakter bangsa di antaranya berjiwa patriot, nasionalisme, cinta kepada Tuhan, cinta kepada sesama, dan cinta kepada alam. Selain itu juga mengajarkan kita untuk senantiasa gotong royong, disiplin, mandiri, saling menolong, menghargai dan peduli terhadap lingkungan.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang menegaskan bahwa Pancasila merupakan asas gerakan pramuka dan gerakan pramuka berfungsi sebagai wadah untuk mencapai tujuan pramuka melalui kegiatan pramuka yaitu pendidikan dan pelatihan, pengembangan, pengabdian masyarakat, dan orang tua, serta permainan yang berorientasi pada pendidikan. Selanjutnya tujuan pramuka adalah membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Upaya nyata dari Kementerian Agama Kabupaten Majalengka dalam membangun karakter bangsa adalah dengan Pengukuhan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Amal Bakti Tingkat Cabang Kabupaten Majalengka Masa Bakti Tahun 2022-2027 oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka.  Prosesi pelantikan langsung oleh Ketuanya Drs. H. Eman Suherman, M.M.  

Dalam sambutannya beliau mengapresiasi langkah besar dari Kementerian Agama Kabupaten Majalengka yang sejalan dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka dalam membangun karakter bangsa.  

"Mari kita bersama-sama saling menguatkan dan bahu-membahu mendidik anak bangsa, sebab kelak merekalah yang akan mewarisi dan menggantikan kita di masa yang akan datang, namun tentu saja modalnya adalah generasi yang berbudi pekerti luhur dan beradab," ujarnya.

Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag.,M.Pd, selaku Kepala Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Amal Bakti Tingkat Cabang Kabupaten Majalengka Masa Bakti Tahun 2022-2027, dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketua Kwartir Ranting Cabang Kabupaten Majalengka yang sudah bersedia untuk melantik kepengurusan kepramukaan yang berada dibawah naungan Kementrian Agama. 

Beliau mengharapkan  agar  instansi pendidikan  tersebut berkolaborasi dan bersinergi  dalam mendidik anak bangsa, sehingga mereka memiliki karakter dan budi pekerti luhur, salah satunya melalui kegiatan kepramukaan. 

“Mari kita bersama-sama  membimbing, mengarahkan, dan memotivasi  peserta didik dengan penuh kesabaran dan keikhlasan karena kita merupakan ujung tombak perubahan pendidikan sehingga kelak mereka akan menjadi generasi emas di era digital," tegasnya.

***

Lebih baru Lebih lama