Al-Huda Cup 2023: Wahana Silaturrahmi dengan Hadiah Seekor Domba

Oleh: Hj. Eulis Sri Rosyidatul Badriyah | Guru PPKn MTs Al-Huda Sadananya Ciamis


Alhamdulillah MTs. Al-Huda Sadananya Ciamis baru saja telah selesai menyelenggarakan Event Al Huda Cup 2023 dengan melibatkan 20 SD/MI diwilayah Kecamatan sadananya dalam rangka mengisi waktu selesainya Ujian Sekolah Madrasah ( USM ) tahun ajaran 2022/2023. Adapun Perlombaan yang disajikan meliputi Tahfidz Juz `Amma (Juz 30) 13 SD/MI dengan jumlah peserta 26 orang, Kaligrafi 13 sekolah masing-masing satu utusan dan Futsal 16 sekolah dengan 19 tim. 

"Hal ini ini kami maksudkan sebagai ajang silaturahmi dalam rangka membangun kekeluargaan yang baik dengan keluarga besar SD/ MI yang mengikuti kegiatan kami ini serta untuk mencari siswa yang memiliki potensi di bidang mata lomba tersebut," ujar Ketua Panitia, Budi Aliyul Hidayat, M.Pd.I.


Acara ini dibuka oleh Kepala MTs Al-Huda Sadananya, H. Ade Hidayat, S.Pd., M.Si, dihadiri oleh Ketua Yayasan, keluarga besar MTs Al-Huda Sadananya, peserta dan juga dewan guru/official masing-masing SD/MI, dengan menampilkan kreasi seni dari siswa-siswi sebagai ajang promosi ekstra kurikuler yang sudah berjalan di sekolah kami. Selain itu, selama event ini berlangsung kamis-sabtu, 16-18 Maret 2023 diramekan oleh kreatifitas siswa-siswi kami dari kelas 7-9 sebagai bagian dari praktek merdeka belajar yang mengawinkan antara teori dengan praktek.


Ekonomi kreatif adalah salah satu hal yang siswa-siswi kami sajikan dalam rangka memeriahkan dan mensusksekan event ini, seperti halnya ada kelas yang menyajikan bioskop mini, Labirin gelap, Rumah Hantu, Rumah Sesat dengan para cosplayer, tempat, suasana, wewangian khas yang mereka siapkan sedemikian rupa, dengan tiket masuk hanya Rp 2000,- selain itu, kelas lainnya mempraktekan jual beli, khususnya makanan serta minuman ala-ala kafe, warung sekolah maupun pedagang eceran menjadi warna tersendiri yang banyak menyedot pengunjung/siswa-siswi SD/MI yang dengan alasan sebagai supporter bagi para pahlawan sekolahnya yang sedang berlomba. Alhamdulillah dari event tiga hari ini, tiap-tiap kelas meraup keuntungan Rp 1-3jt. Bahkan ada salah satu kelas yang berinisiatif dengan uang yang didapatkannya untuk melanjutkan kegiatan mereka pada momen Ramadhan ini dengan berjualan disore hari, dan ini patut diapresiasi sebagai support bagi siswa-siswi yang senang berjualan sebagai modal/bekal/pengalaman mereka nanti dalam memenuhi kebutuhannya dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.


Adapun hasil akhir event ini dimenangkan oleh MI Cikalagen sebagai Juara Umum, dengan rincian: juara 1 Footsal, Juara 1 Pa dan PI tahfidz juz 30, juara 1 PI dan juara 3 PA Kaligrafi. Untuk top scorer dengan 18 goal dimenangkan oleh Ananda Rehan dari MIN 10 Ciamis, yang lainnya ada dari SDN 3 Sukajadi, SDN 1 Bendasari, SDN 3 Sadananya, SDN 2 Tanjungsari, SDN 2 Saguling dan MIS Cikatomas. Para pemenang berhak mendapat tropy, sertifikat dan uang pembinaan, sedangkan khusus untuk pemenang futsal berhak membawa hadiah tambahan seekor domba.


Semoga kegiatan ini bisa terus dilanjutkan serta membawa keberkahan untuk semua, aamiin.

 ***

Lebih baru Lebih lama