Kegiatan KUSAM di MTs S Nurul Huda Siliwangi Cianjur

Oleh: Yanti Nurhaeni, S.Pd. | Guru PPKn MTs S Nurul Huda Siliwangi  Cianjur



Bulan Ramadhan adalah momen umat Islam berlomba-lomba memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Namun puasa adalah inti dari ibadah yang dilaksanakan di bulan mulia ini.


Keistimewaannya tidak diragukan lagi. Puasa dapat menjadi senjata ampuh untuk memerangi hawa nafsu dan syahwat yang menggelora dalam diri manusia, selain juga menjadi pendorong semangat untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya.


MTs S Nurul Huda Siliwangi atau yang dikenal dengan singkatan MTs NHS, pada bulan Ramadhan kali ini melakukan kegiatan "KUSAM" atau kuliah satu jam. Kegiatan ini diikuti oleh semua guru dan seluruh siswa.


Kepala MTs S Nurul Huda Siliwangi, Dandi Supriadi, S.Pd.I mengatakan tujuan kegiatan Kusam yaitu siswa dan guru diharapkan mendapatkan nilai lebih dalam ibadah khusus dalam bidang Keagamaan dan umum. "Selain itu berupaya untuk menumbuhkan rasa kesadaran dalam diri untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat antara kelas 7-9," ujarnya. 

 

Walaupun tema KUSAM dan waktunya singkat namun didalamnya bernilai positif. Susunan acara yang sajikan sangat sederhana menyesuaikan waktu yang singkat, diantaranya yaitu: lantunan ayat suci Al-Qur'an,  tausiyah ramadhan, dan pembacaan do'a sebagai penutup acara, yang dilangsungkan dengan sholawatan.


Ikpalludin salah satu siswa berpendapat acara KUSAMnya bagus. "Jadi lebih mempererat hubungan siswa antarkelas, menambah wawasan dalam ilmu keagamaan, memberikan keleluasaan siswa dalam mengemukakan pendapat, dan merefresh kejenuhan siswa," paparnya. 


Demikianlah informasi mengenai Kegiatan Ramadhan di MTs NHS. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk kaum muslimin dan muslimat di manapun berada. Semoga kita mendapatkan pahala dan menjadi penghuni Surganya Allah SWT. 

Amin Ya Robbal Alamin.

Lebih baru Lebih lama