MTsN 1 Kuningan Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka


Pada Rabu (1/3/23) s.d. Jumat (3/3/23) MTsN 1 Kuningan menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan yang dilaksanakan di aula MTsN 1 Kuningan ini diikuti oleh semua guru dan karyawan. Adapun pengisi materinya adalah Topic Offirstson, M.Si., M.Pd., selaku Kepala MTsN 1 Kuningan, dan Durahman, S.Pd., M.M.Pd., selaku widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan, Bandung.


Selain itu, kegiatan ini pun dihadiri oleh Drs. H. Yasin, M.Pd.I., selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Kabupaten Kuningan, dan Uul Fauziah, S.Ag., M.A., selaku Pengawas Pembina MTsN 1 Kuningan. Keduanya memberi sambutan pada saat pembukaan di hari pertama.


"Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberi wawasan luas kepada peserta tentang implementasi Kurikulum Merdeka sebagai komponen dasar dalam pendidikan," ungkap Jaja Sudrajat, S.Pd., dalam laporannya sebagai ketua panitia.


Lanjutnya, "Selain itu, pelatihan ini pun bertujuan untuk mengembangkan kompetensi seluruh peserta terutama guru. Diharapkan materi pelatihan tersebut dapat menjadi pendoman dalam pembuatan administrasi pembelajaran."


Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini berlangsung dengan lancar dan kondusif. Pada hari pertama diisi dengan pembukaan, laporan ketua panitia, dan sambutan. Adapun sambutan-sambutan tersebut disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Kuningan, Pengawas Pembina MTsN 1 Kuningan, dan Kepala Seksi Penmad Kemenag Kabupaten Kuningan.


Kemudian, pada hari kedua diisi dengan penyampaian materi tentang Konsep Kurikulum Merdeka, Analisis Capaian Belajar,  dan Penyusunan Modul Ajar. Terakhir, pada hari ketiga diisi dengan penyampaian materi tentang Pembelajaran dan Asesmen serta Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tak lupa di sela-sela materi tersebut juga berlangsung tanya-jawab dan diskusi yang interaktif, baik antara peserta dengan pemateri maupun antara peserta dengan peserta lain dalam diskusi kelompok berdasarkan rumpun bidang studi.(KIR Matsaku)*

Lebih baru Lebih lama