MARI KITA SUKSESKAN GERAKAN PENANAMAN POHON SERENTAK DI LINGKUNGAN MADRASAH SE-JAWA BARAT TAHUN 2023

Oleh : Teddy Hermansyah, S.Pd. | Guru MTsN 7 Majalengka & Sekretaris MGMP PPKn Kab. Majalengka


Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat akan mengadakan kegiatan gerakan menanam pohon serentak di 680 Madrasah yang ada di Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk merespon adanya perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini akibat kurang tersedianya ruang terbuka hijau, kurangnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan serta dalam rangka pemecahan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Tahun 2023.

 

Sebagai bentuk kepedulian dan persiapan kegiatan tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat menginisiasi dengan dilaksanakannya kegiatan rapat persiapan melalui zoom meeting yang berlangsung pada hari Sabtu, 25 April 2023 Pukul 09.00 WIB. Rapat ini dihadiri oleh Ketua Tim pada Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/ Pendis/ TOS se-Jawa Barat, Ketua IPPNU Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Madrasah Negeri (MIN, MTsN dan MAN) se-Jawa Barat.   

 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Barat ini bekerjasama dengan mitra kolaborasi dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Provinsi Jawa Barat. Adapun rencana pelaksanaan gerakan menanam pohon adalah pada Hari Selasa, 9 Mei 2023 mulai pukul 10.00 WIB serentak di 680 titik se-Jawa Barat.

 

Mekanisme dan petunjuk teknis gerakan menanam pohon serentak adalah sebagai berikut :

1)      Mengisi Form Online (madrasah harus mengisi format yang sudah disiapkan oleh panitia dengan mengisi kolom madrasah dan alamat madrasah secara lengkap);

2)      Pendistribusian (madrasah harus mencantumkan jenis tanaman dengan 2 opsi pilihan berupa tanaman keras dan tanaman buah,sehingga memudahkan dalam pendistribusian tanaman oleh panitia ke tempat atau titik pengambilan yang nantinya akan ditentukan kemudian);

3)      Penanaman ( tiap madrasah diharapkan dapat mengupload foto kegiatan penanaman pohon lewat form yang nanti disediakan oleh IPPNU Jawa Barat. Ini sebagai bukti fisik dan kongkrit bahwa kita telah melakukan penanaman pohon tersebut).

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si mengapresiasi dan menyambut baik adanya kegiatan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dan salah satu upaya menyelamatkan kelestarian bumi. Beliau memotivasi agar kegiatan ini bukan hanya sekedar menanam pohon serentak saja, tetapi lebih dari itu harus ada evaluasi dan tindak lanjut setelah penanam pohon ini ini, salah satunya adalah pemeliharan (perawatan) yang berkesinambungan sehingga memberikan manfaat bagi madrasah dan masyarakat. Selain itu pula harapannya tentu saja IPPNU menjadi pelopor dan pengagas terhadap keberlangsungan dan kelestarian lingkungan di Jawa Barat khususnya dan di Indonesia umumnya dari segala bentuk ancaman global dan dengan adanya kegiatan ini kita patut bangga apalagi jika nantinya tercatat dalam rekor MURI.   

 

Menurut rencana yang disampaikan oleh panitia, sebelum proses penanaman pohon serentak dilaksanakan, akan diawali terlebih dahulu dengan pengarahan dan lonching oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat melalui live streaming via zoom meeting sebagai tanda dimulainya penanam pohon serentak dilingkungan madrasah se-Jawa Barat Tahun 2023. Demi sukses dan boomingnya acara tersebut, panitia dari Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Provinsi Jawa Barat sudah menyiapkan slogan ataupun yel-yel bernuansa lingkungaan dengan harapan agar kegiatan lebih gebyar danm meriah.

Lebih baru Lebih lama