MGMP PPKn MTs Kabupaten Majalengka Laksanakan Kegiatan di Momen Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023

 Oleh : Teddy Hermansyah, S.Pd. | Guru MTsN 7 Majalengka & Sekretaris MGMP PPKn Kab. Majalengka



MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran merupakan forum atau wadah yang memfasilitasi berkumpulnya guru mata pelajaran yang sama untuk mengembangkan profesionalitas kerja. Dalam pelaksanaan tugasnya guru perlu berusaha meningkatkan kualitas pembelajarannya sebagai langkah pencapaian tujuan pendidikan.

 

Pelaksanaan MGMP PPKn MTs Kabupaten Majalengka pada hari Sabtu, 20 Mei 2023 sungguh sangat spesial dan memiliki makna yang sangat mendalam karena kegiatan tersebut bertepatan dengan sebuah momen yang merupakan tonggak sejarah panjang perjalanan  bangsa Indonesia dalam membangkitkan sikap nasionalisme dan patriotisme sehingga menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut yang kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Perjalanan tentu saja bukan waktu yang sebentar, apalagi sudah menginjak usia 115 tahun sejak tahun 1908.

 

Adapun tujuan peringatan Hari Kebangkitan Nasional diantaranya :

1.      Menumbuhkan semangat dalam memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan.

2.      Menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara. 

3.      Mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

MGMP PPKn MTs Kabupaten Majalengka berusaha agar setiap tenaga kependidikan dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme dan pengabdian yang lebih optimal dalam dunia pendidikan.  Ini semua dirasakan perlu dilakukan berkenaan dengan kualitas pendidikan yang dirasa perlu pengembangan dan tentu saja yang menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat bagi kita sebagai guru PPKn yaitu dalam rangka menyiapkan peserta didik yang cakap dan memiliki budi perkerti yang luhur serta karakter yang baik.

 

Ketua MGMP PPKn MTs Kabupaten Majalengka H. Dede Arief Rohaedi, S.Pd.,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa berbicara tentang kualitas pendidikan, sebenarnya pendidikan kita semakin lama telah berkembang semakin pesat. Kemampuan peserta didik sebagai hasil pendidikan di masa sekarang dirasa jauh lebih baik terutama dari segi kognitif dan psikomotoriknya. Penguasaan iptek peserta didik sekarang dirasa jauh lebih baik dari pada masa yang lalu.

 

Namun demikian kritikan dan bahkan cemohaan masih sering juga terlontarkan pada dunia pendidikan berkenaan dengan kualitasnya yang dianggap rendah. Terlebih lagi dengan maraknya prilaku buruk dan menyimpang yang sering kali muncul dalam kehidupan masyarakat peserta didik dewasa ini. Sikap dan perilaku dari peserta didik kita sudah jauh dari nilai normatif dan sangat menghawatirkan sehingga perlu pembinaan yang berkesinambungan. Hal demikian memungkinkan sekali terjadinya pengesampingan norma, etika dan budaya sosial yang juga dikembangkan dan hendak dicapai dalam dunia pendidikan.  Hal demikian sebenarnya kita maklumi, namun tuntutan akan kemajuan dan perubahan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik tidak bisa tidak harus ditopang dengan kualitas bidang pendidikan saja tetapi akhlak dan kepribadian peserta didik juga harus baik. Guru dituntut harus memiliki andil besar terhadap perubahan berupa pembinaan kepada peserta didik tersebut. 

 

Kenyataan di lapangan menunjukkan, bahwa unjuk kerja (performance) guru di dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sangat bervariasi dan kualifikasi keguruannya beraneka ragam. Keadaan geografis Indonesia menuntut suatu sistim komunikasi dan pembinaan profesional guru dengan menggunakan multimedia, baik untuk kepentingan pembelajaran maupun media komunikasi guna peningkatan mutu pendidikan.

 

Dengan aktifitas MGMP yang optimal diharapkan dapat menumbuhkan kegairahan guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru yang profesional. Di sisi lain guru perlu menyetarakan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan.

 

Jenis agenda pada kegiatan MGMP PPKn Kabupaten Majalengka diantaranya :

1.      Rencana pelaksanaan seminar PPKn MTs Kabupaten Majalengka dalam menyongsong pemberlakuan Kurikulum Merdeka;

2.      Persiapan Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2022/2023;

3.      Sosialisasi wacana kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) MGMP Provinsi Jawa Barat;

4.      Realisasi pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) MGMP PPKn MTs Kabupaten Majalengka.

 

Adapun anggota MGMP PPKn yang hadir adalah seluruh guru mata pelajaran PPKn baik di madrasah negeri maupun swasta. Setiap anggota MGMP PPKn wajib mengikuti semua kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP sesuai dengan program yang telah disepakati bersama.

 

Setiap anggota MGMP PPKn yang mengikuti kegiatan dengan disertai bukti fisik kehadiran akan memperoleh hak sebagai peserta berupa daftar hadir kegiatan, resume kegiatan, sertifikat dan dokumentasi foto kegiatan. Dengan serangkaian kegiatan MGMP PPKn MTs  diharapkan guru dapat mengaktualisasikan dan meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah masing-masing dengan membawa semangat untuk bangkit dan berubah menjadi lebih baik. Hal ini sejalan dengan tema Hari Kebangkitan Nasional Republik Indonesia Tahun 2023 yaitu “Semangat untuk Bangkit”.

          

 

Lebih baru Lebih lama