Peringati Haornas, Igornas Majalengka Adakan Festival Olahraga Pendidikan 2024

Oleh : Teddy Hermansyah, S.Pd.Wakamad Akademik MTsN 7 Majalengka & Sekretaris MGMP PPKn Kab. Majalengka

Kepala Kemenag Kab. Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd didampingi oleh Guru PJOK Kab. Majalengka dalam rangka Peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2024


Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2024, Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majalengka menggelar acara meriah yang dipusatkan di Gelanggang Generasi Muda (GGM) Talaga Manggung Kabupaten Majalengka. Acara ini berlangsung mulai dari tanggal 17-19 September 2024 dengan nama kegiatan Festival Olahraga Pendidikan 2024. Sebagai bentuk kecintaan terhadap dunia olahraga, acara peringatan Hari Olahraga Nasional ini diisi dengan berbagai pertandingan olahraga antar sekolah/ madrasah, yang diharapkan dapat terus memupuk semangat sportivitas siswa-siswi  di Kabupaten Majalengka.


Kegiatan Festival Olahraga Pendidikan 2024 dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Bayu Rahadian, S.Kj, Pj. Bupati Majalengka Dr. H. Dedi Supandi, M,S.i, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majalengka Yusanto Wibowo, S.IP.,M.P, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd, guru PJOK Se-Kabupaten Majalengka, dan segenap masyarakat yang peduli terhadap perkembangan olahraga di Kabupaten Majalengka.

 


Dr. Bayu Rahadian, S.Kj dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif berolahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Ia menekankan pentingnya peran olahraga dalam membentuk karakter dan kebersamaan antarwarga. “Olahraga bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang membangun solidaritas dan kebersamaan,” ujarnya.


Acara Haornas di Majalengka dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk lomba olahraga tradisional, senam massal, dan pameran produk lokal. Partisipasi masyarakat sangat antusias, terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan meramaikan kegiatan tersebut.

 

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd dalam sambutannya menyatakan bahwa melalui peringatan Haornas ini, semangat olahraga dapat semakin meningkat di kalangan masyarakat, serta menjadikan olahraga sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.” Dengan tema “Bersama Kita Olahraga,” perayaan ini diharapkan dapat memperkuat komitmen bersama untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia, khususnya di Kabupaten Majalengka.

 

Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas MTsN 7 Majalengka sekaligus sebagai guru PJOK, Drs. Abdul Aziz Hidayat menghadiri acara peringatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Majalengka. Acara yang berlangsung di lapangan GGM Kab. Majalengka. Beliau juga menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme para siswa yang ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga yang diadakan. "Kami sangat bangga melihat semangat dan partisipasi siswa dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ini. Olahraga bukan hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga membangun sikap sportif dan kerja sama," ujarnya.

 

Hari Olahraga Nasional (Haornas) biasanya diperingati setiap tanggal 9 September di Indonesia. Peringatan ini berawal dari diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama kali diadakan di Solo, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948. Pada saat itu, PON dilaksanakan sebagai bentuk upaya mempertahankan kedaulatan negara Indonesia di tengah situasi politik internasional yang belum sepenuhnya mengakui kemerdekaan Indonesia.


Pada tahun 1983, berdasarkan Keputusan Presiden No. 67 Tahun 1985, tanggal 9 September kemudian resmi ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional. Peringatan Haornas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kesehatan fisik, mental, maupun membangun karakter bangsa.

 

Setiap tahun, Haornas menjadi momen untuk mengapresiasi prestasi olahraga nasional dan mendorong perkembangan olahraga di Indonesia. Selain itu, peringatan ini menjadi ajang untuk mengevaluasi serta merancang strategi guna memperbaiki sistem pembinaan olahraga nasional agar lebih kompetitif di kancah internasional.

 

Pada akhir kegiatan nanti akan ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada para atlet berprestasi dan penggiat olahraga di daerah tersebut, sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam mengembangkan olahraga di Majalengka. Selain itu, sebagai bentuk kecintaan terhadap dunia olahraga, acara peringatan Hari Olahraga Nasional ini diisi dengan berbagai pertandingan olahraga antar sekolah/ madrasah, yang diharapkan dapat terus memupuk semangat sportivitas siswa-siswi  di sekolah/ madrasah khususnya dalam bidang olahraga.

Teddy Hermansyah


Lebih baru Lebih lama