Pengurus FKK MGMP PPKn MTs Jawa Barat Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban

Oleh : Teddy Hermansyah, S.Pd. | Wakamad Akademik MTsN 7 Majalengka & Sekretaris MGMP PPKn Kab. Majalengka

 
Forum Kelompok Kerja Guru (FKK MGMP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) MTs Jawa Barat mengadakan rapat untuk menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) periode 2021-2024. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 21 September 2024 melalui zoomeeting dan dihadiri oleh beberapa anggota FKK MGMP PPKn Provinsi Jawa Barat.

Acara dibuka oleh Ketua FKK MGMP PPKn MTs, Deni Kurniawan As'ari, M.Pd, yang dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih dan rasa syukur atas pencapaian yang telah diraih selama tiga tahun terakhir dan tentu saja berharap kedepan beberapa kekurangan perlu kita perbaiki bersama-sama. 


"Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas kegiatan MGMP PPKn MTs dan laporan ini merupakan bentuk transparansi kami kepada semua pihak," ujarnya. 


Ia juga menyampaikan evaluasi sangat penting sebagai bahan pijakan langkah kita untuk 3 tahun ke depan. Saran, masukan dan kritikan membangun tentu sangat kita harapkan guna perbaikan program kita ke depannya.

 

"Kita sudah berusaha untuk melaksanakan program, tentu saja berbagai kendala yang kita hadapi harus menjadi bahan evaluasi kita bersama dan harapannya agar program yang belum terealisasi bisa kita tata dan laksanakan diperiode kedua," terang Deni. 

Diawal terjadi sedikit mis informasi terkait jumlah pengurus FKK MGMP PPKn MTs Jawa Barat dengan jumlah yang dibatasi sebanyak 30 orang pengurus, padahal kita sudah mengusulkan dengan jumlah kepengurusan yang cukup lengkap sekitar 50 orang pengurus. Meskipun demikian, alhamdulillah bisa diatasi bersama sehingga kepengurusan dapat berjalan dengan baik. Laporan ini sebagai gambaran berbagai program yang telah dan belum dilaksanakan.

 

Beberapa program kegiatan yang sudah dilaksanakan FKK MGMP PPKn MTs Jawa Barat diantaranya :

1.    Pembentukan MGMP PPKn MTs Jawa Barat yang dihadiri oleh Kepala Seksi Guru Kanwil Kemenang Provinsi Jawa Barat pada tanggal 5 Februari 2021;

2.    Rapat Tim Formatur Pengurus MGMP PPKn MTs Jawa Barat;

3.    Sosialisasi kepengurusan dan Pembentukan Rapat Kerja  yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2021;

4.    Pembentukan Forum Grup Discussion Anugrah Konstitusi pada tanggal 9 Oktober 2021;

5.    Rapat Kerja dan Seminar Pendidikan dengan tema” Apa dan Bagaimana Kurikulum Merdeka” dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten dibidangnya Dr. Ida Rohayani, M.Pd;

6.    Pelatihan Online Pola 32 Jam yang bekerjasama dengan Program Studi PPKn Universitas Palangkaraya yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juni 2022;

7.    Webinar Series #1 dengan tema Pembelajaran MGMP  pada tanggal 6 Juli 2022;

8.    Webinar Series #2 dengan tema Pembelajaran Berbasis Proyek pada tanggal 6 Agustus 2022 yang dihadiri oleh PLT Kasie Penmad Kanwil Kemenag Jawa Barat;

9.    Pengusulan ke Balai Diklat dan Pelaksanaan PJJ Guru PPKn MTs tada tanggal 8-18 Agustus 2022;

10.  Webinar Series #3 dengan tema Menulis Artikel Pendidikan pada tanggal 14 September 2022;

11.  Webinar Series #4 dengan tema Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan pada tanggal 5 Oktober 2022;

12.  MGMP Award 2022 Kategori Guru PPKn Berprestasi, Inovatif, Aktif, dan Inspiratifdalam rangka Hari Guru Nasional 2022 yang dilaksanakan pada Bulan November 2022;

13.  Penggalangan Donasi Peduli Gempa Kabupaten Cianjur pada Bulan November 2022;

14.  Donasi untuk Bapak Suhermanto S.Ag.,M.M.Pd  di Bandung dan Ibu Ramlah dari Sukabumi pada bulan Februari dan Juni 2022);

15.  Webinar Series #5 dengan tema Pembelajaran Digital Berbasis Classpoint pada tanggal 26 November 2022;

16.  Lomba menulis bagi guru PPKn MTs Jawa Barat dalam rangka Hari Guru nasional  pada tanggal 2 Mei 2023;

17.  Pemberian reward (piagam) kepada guru PPKn MTs Jawa Barat berkaitan dengan pengelolaan website dan instagram FKK MGMP PPKn MTs Jawa Barat;

18.  Webinar Series #6 dengan tema Upaya Menanamkan Nilai Anti Korupsi pada tanggal 9 September 2023;

19.   Workshop Pemahaman dan pengamalan Nilai-nilai Pancasila bekerjasama dengan Bakesbangpol Provisi Jawa Barat;

20.  MGMP Award Peserta Aktif Webinar Series;

21.  MGMP Award Aktif Menulis Website;

22.  Pemilihan Langsung Ketua FKK MGMP PPKn MTs Jawa Barat.

 

Dilihat dari grafik perkembangan MGMP PPKn Jawa Barat memang cukup signifikan dan bisa dikatakan bahwa eksistensi organisasi kita selangkah lebih maju dari keberadaan MGMP mata pelajaran lainnya. 


"Meskipun demikian, kita tidak menampik bahwa angka partisipasi guru PPKn MTs di Jawa Barat dalam pemilihan Ketua memang dirasakan masih kurang optimal atau diluar ekspektasi mengingat data guru yang mengisi polling tersebut hanya diangka 142 guru, sedangkan jika dilihat dari data madrasah di Jawa Barat terdapat 2.774 Madrasah Tsanawiyah (MTs). Berdasarkan data tersebut, perlu langkah strategis kita ke depan untuk mengaktifkan kembali guru PPKn yang belum tergabung di grup MGMP PPKn MTs Jawa Barat. mengingat jumlah guru yang bergabung di Grup MGMP PPKn Jawa Barat baru ada di angka 300 anggota," tambah Deni .

 

Adapun beberapa program kerja yang belum terlaksana diantaranya :

1.      Pengadaan batik MGMP;

2.      Lomba Cerdas Cermat (LCC) PPKn untuk siswa MTs;

3.      Kunjungan ke lembaga pemerintahan seperti Mahkamah Konstitusi (MK), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan lembaga lainnya.

 

Sebagai penutup laporan, Deni Kurniawan As’ari, M.Pd berharap agar semua anggota MGMP dapat terus berkolaborasi dan berinovasi untuk memajukan organisasi MGMP PPKn MTs di Jawa Barat. Laporan yang disampaikan masih jauh dari harapan, dan diharapkan agar kita bersama-sama untuk saling bahu membahu membangun MGMP PPKN MTs ke depan dan beliau sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pengurus yang telah mensukseskan seluruh rencana kerja yang sudah selesai kita laksanakan, harapnnya ke depannya agar lebih baik lagi. 

 

Sekretaris Jenderal MGMP PPKn MTs, Aang Nurdiaman, S.Pd yang juga sekaligus sebagai Ketua Panitia Pemilihan menyampaikan pandangan. 


"Secara pribadi salut kepada Ketua MGMP PPKn MTs sudah bisa melaksanakan program dengan sangat baik terlepas masih ada kekurangan dan itu manusiawi karena tidak ada manusia yang sempurna dan perlu kita kekurangan tersebut secara bersama-sama," tuturnya. 


Aa juga menyampaikan laporan rinci mengenai berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan termasuk perkembangan hasil dari Pemilihan Ketua FKK MGMP PPKn MTs Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan melalui link goggle form pemilu yang disebarluaskan melalui koordinator di tiap Kabupaten / Kota  yang diwakili oleh Ketua / Sekretaris MGMP Kabupaten/ Kota. Dalam laporannya, Aa menekankan beberapa kegiatan unggulan, seperti pelatihan guru, seminar, dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para pengajar PPKn.

 

Beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian dan perlu kita sikapi kita bersama diantaranya : kondisi keuangan kas MGMP PPKn MTs yang dirasakan kurang berimbang dengan pengeluaran anggaran kegiatan meliputi kegiatan sosial, penyewaan link workshop, aplikasi zoometing, sehingga diusulkan ke depan adanya iuran guru ppkn mts untuk kas MGMP PPKn MTs secara mandiri.

 

Diskusi yang cukup panjang tersebut, akhiri dengan beberapa masukan dan saran yang bersifat membangun. Usulan tersebut muncul dari perwakilan pengurus MGMP PPKn MTs yang poin pentingnya yang menerima laporan pertanggung jawaban dari Ketua MGMP PPKn MTs Jawa Barat periode 2021-2024 dan berhadap ke depan pengurus MGMP PPKn periode 2024-2027 dalam menyusun program kerja agar diberikan kemudahan, lebih baik, kompak, dan lebih solid lagi dalam bekerja bersama-sama.

 

Tidak ada sesuatu yang bisa dicapai dengan sekali mencoba, tetaplah kita untuk terus berjuang dan berusaha. Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan jalan yang terbaik untuk kepengurusan MGMP PPKn MTs Jawa Barat di masa yang akan datang, aamiin ya robbal alamiin.!!!.


Lebih baru Lebih lama