PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2024

Oleh : Teddy Hermansyah, S.Pd. | Wakamad Akademik MTsN 7 Majalengka & Sekretaris MGMP PPKn Kab. Majalengka

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, MTsN 7 Majalengka menggelar upacara bendera pada Selasa, 1 Oktober 2024. Upacara yang berlangsung di halaman sekolah ini dipimpin oleh Kepala Madrasah, dengan petugas upacara yang terdiri dari bapak dan ibu guru.

 

Pelaksanaan upacara dimulai pukul 07.00 WIB dan berjalan dengan khidmat. Guru-guru yang bertugas sebagai petugas upacara terlihat penuh semangat dalam melaksanakan peran masing-masing. Mulai dari pembacaan teks Pancasila, Pembacaan naskah teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pembacaan naskah ikrar hari Kesaktian Pancasila  yang semuanya dilakukan dengan tertib dan lancar.

 

Dalam amanatnya, Kepala Madrasah menyampaikan pentingnya semangat Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita semua tentang perjuangan bangsa dalam mempertahankan ideologi Pancasila. Sebagai warga negara yang baik, kita harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujar beliau.

 

Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa dan sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita. Selain itu Pancasila menjadi pengingat kita bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan.

 

Selama ini upaya yang kita lakukan lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan. Hal tersebut kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dengan sumber daya manusia. Menyadari hal tersebut, inilah waktunya kita merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua masyarakat.

 

Dalam hal ini Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara kita. Kebangkitan dan kemajuan bangsa kita dari pandemi ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya. Inilah titik berangkat kita.

 

Selanjutnya kemerdekaan dalam belajar, berkarya, kemerdekaan dalam berbudaya akan melahirkan generasi pelajar Pancasila, yaitu sosok pembelajar sepanjang hayat, yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan Global, mampu bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Para pelajar Pancasila Itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan.

 

Peringatan ini memiliki makna mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Terutama untuk terus mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Tujuan diperingatinya hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia. Selain itu, juga untuk memperingati gugurnya para korban G30S PKI.  Selain itu pula upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk merenungkan kembali makna dan pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara. Melalui pemahaman dan implementasi yang baik, Pancasila akan terus menjadi landasan kuat dalam membangun bangsa yang berkeadilan, adil, dan sejahtera.

 

Merujuk pada pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, tema Hari Kesaktian Pancasila yang diusung pada tahun ini, yaitu "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas." Tema tersebut sejalan dengan visi Indonesia yang ingin mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan menjadikan Pancasila sebagai landasannya.

Upacara diakhiri dengan doa bersama untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi tegaknya Pancasila. Para siswa dan seluruh civitas akademika MTsN 7 Majalengka tampak antusias mengikuti upacara hingga selesai.

 

Upacara ini menjadi momentum untuk memperkuat rasa kebangsaan dan mempererat tali persaudaraan antarwarga sekolah. Dengan berlangsungnya acara ini, diharapkan semangat kebangsaan dan kecintaan terhadap Pancasila semakin tertanam di hati seluruh peserta didik dan tenaga pendidik di MTsN 7 Majalengka.

Lebih baru Lebih lama