Tingkatkan Kompetensi Melalui Aktif Ikuti Pelatihan

Oleh : Gugun Gunawan | Guru PPKn MTs Al-Aman Cimanggu Sukabumi

 

Saat ini, pendidikan berada di era pengetahuan dengan percepatan pertumbuhan yang luar biasa. Pendidikan di abad 21 menjadi semakin penting untuk memastikan siswa memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi serta dapat bekerja dan bertahan hidup dengan kecakapannya.


Guru merupakan salah satu profesi yang harus dikerjakan secara profesionalitas. Prinsip profesionalitas ini akan mendukung ilmu pengetahuan yang berkualitas. Untuk mewujudkan profesionalitas guru maka perlu belajar seumur hidup. Perkembangan teknologi, sosial, dan budaya menuntut guru harus belajar ilmu baru dan merespon segala perubahan akibat adanya teknologi digital. Guru juga harus beradaptasi dengan penggunaan teknologi.


Guru di abad 21 menghadapi tantangan yang jauh lebih besar. Utamanya adalah teknologi. Guru harus menguasai teknologi untuk mengajar siswa dengan efektif. Namun tidak semua guru memiliki kemampuan dan pengetahuan yang sama dalam hal teknologi. Selain itu, guru juga harus mampu menghadapi perubahan dalam kurikulum dan mengajar siswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda.


Karakter peserta didik, dari generasi ke generasi mengalami perubahan, baik secara sosial maupun mental. Sehingga, guru harus memahami karakter peserta didik dengan baik sesuai dengan generasinya dan tidak memaksakan karakter siswa mengikuti karakter dimasanya. Dengan demikian saya menyadari pentingnya diri untuk terus berupaya meningkatkan kompetensi diantaranya dengan aktif mengikuti berbagai pelatihan.


Mengikuti pelatihan telah membantu saya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam hal teknologi dan kurikulum. Selain itu pelatihan yang telah saya ikuti dapat membantu meningkatkan skill profesionalisme, mengajarkan tentang perencanaan pembelajaran yang baik dalam kelas, tidak hanya itu, saya juga belajar menerapkan manajemen kelas yang baik. Kegiatan pelatihan yang saya ikuti mempelajari pula tentang teori-teori bagaimana memahami konsep dengan bidang pendidikan pada saat ini. Menambah wawasan digital,salah satu hal menarik yang bisa saya pelajari saat mengikuti pelatihan dimana saya dapat belajar bagaimana mengimpelementasi dan memaksimalkan penggunaan teknologi. Sehingga, saat saya memasuki lingkungan belajar yang didukung dengan teknologi, akan cepat beradaptasi.


Tidak kalah penting ilmu yang saya peroleh dari pelatihan tersebut yaitu tentang teknik dan media pembelajaran. Sehingga saya memahami dan mampu mempraktikan prinsip konsep pembelajaran yang cocok untuk peserta didik. Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar harus dapat memperhatikan materi, karakteristik peserta didik, dan alokasi waktu yang diperlukan.


Apabila guru mampu menerapkan media pembelajaran dengan tepat dalam proses belajar mengajar, maka akan memiliki pemahaman yang baik tentang materi yang diajarkan. Dan apabila siswa memiliki pemahaman yang baik maka besar kemungkinan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan efektif dan efesien. Oleh karena itu saya sebagai guru dituntut untuk terus berkembang dan menjadi guru yang mampu menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam kegiatan mengajar.


Dengan demikian saya mengingatkan pada diri sendiri dan rekan-rekan para pendidik agar teruslah berupaya meningkatkan kompetensi  dengan aktif mengikuti berbagai pelatihan,  karena dengan salah satu cara tersebut kita dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam mendidik generasi abad 21 sebagai upaya mempersiapkan SDM yang lebih baik. 

Lebih baru Lebih lama